Bawaslu NTB Rekrut Panwas Bulan Februari Tahun Depan

Ketua Bawaslu NTB M Khuwailid

Ketua Bawaslu NTB M Khuwailid

Mataram (Global FM Lombok)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB akan merekrut pengawas pemilu yang bersifat ad hoc seperti panwaslu kabupaten kota, panwascam hingga PPL pada bulan Februari 2015 mendatang. Perekrutan tenaga pengawas mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1/2014 tentang Pilkada. Dimana penyelenggara pemilu tingkat bawah dibentuk satu bulan sebelum tahapan pilkada dimulai.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu NTB M Khuwailid kepada Global FM Lombok di Mataram, Senin (27/10). Dia mengatakan, pemilu serentak di enam kabupaten kota di NTB akan dilaksanakan pada bulan September tahun 2015. Karena itu perangkat pengawasan sudah harus terbentuk sebelum tahapan pilkada yang dimulai bulan Maret.

“Kalau kita berhitung sesuai dengan Perppu itu, maka kami akan melakukan rekrutmen itu di bulan Februari, itu paling lambat untuk pengawas kabupaten, kecamatan dan PPL. Sampai saat ini kami masih menunggu bagaimana langkah yang akan diambil oleh Bawaslu” kata Khuwailid.

M Khuwailid mengatakan, dalam pilkada serentak nanti akan ada pengawas TPS yang berada di bawah seorang pengawas lapangan. Munculnya pengawas di setiap TPS ini merupakan konsep baru karena dalam pilkada atau pemilu sebelumnya tidak diterapkan. Adapun daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak bulan September tahun depan yaitu kota Mataram, KLU, Lombok Tengah, KSB dan Kabupaten Bima.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Komentar

  1. Muhammad Salihin20 February 2015, 07:08 at 7:08 am

    Kapan rekrutmen panwaskab?

  2. Raden Putra Mugneh13 November 2014, 05:06 at 5:06 am

    Kami tunggu informasi berikutnya.

Leave a Reply