OJK Kembali Ingatkan Gubernur Terkait Komitmen Pemenuhan Modal Inti Bank NTB

Otaritas Jasa Keuangan

Otaritas Jasa Keuangan

Mataram (Global FM Lombok)-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB kembali mendatangi gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi untuk mengingatkan kembali komitmen Bank NTB menuju buku II pada tahun 2016 mendatang. OJK berharap agar para pemegang saham di Kabupaten Kota pada Bank NTB bisa melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan modal Bank NTB tahun 2014 yang masih berada di bawah Rp 1 triliyun. Itu berarti bank NTB masih barada pada buku I.

Demikian disampaikan Kepala OJK NTB, Yusri kepada Global FM Lombok, Selasa (21/10) usai menemui gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi di kantor gubernur NTB. Dikatakan, OJK memantau perkembangan komitmen dari bank NTB menuju buku II pada tahun 2016 mendatang. Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh bank NTB tiap tahunnya pada bulan Desember 2014, 2015 sampai 2016 mendatang. Jika tidak dipenuhi, Bank NTB akan tetap pada buku I.

“Pak gubernur punya bank NTB dan punya delapan BPR di provinsi NTB, kami melaporkanlah perkembangan kinerja bank NTB . Tentunya harapan kami ada langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemegang saham terkait dengan Bank NTB sama BPR itu tadi. Terutama sekali masalah permodalan, masalah modal bank NTB ini kan modal intinya masih di bawah satu triliyun. Nah sesuai aturan sekarang Bank NTB itu masih di dalam buku satu”, papar Yusri.

Dikatakannya, OJK kurang mengetahui kendala belum selesainya tahapan tahun 2014 ini, namun sebagai sebagai otoritas jasa keuangan, pihaknya meminta agar komitmen itu dipenuhi. Sementara itu, ada beberapa aktifitas bank NTB yang seharusnya dilakukan oleh perbankkan yang berada di buku II yakni aplikasi Cas Management Sistem (CMS). Aktifitas CMS itu kata Yusri hanya boleh dilakukan oleh bank-bank yang telah berada di buku II.

Aktifitas itu, sudah dilakukan sebelum keluarnya ketentuan tentang buku II. Dalam hal ini, OJK memberikan kelonggaran untuk menggunakan CMS kepada Bank NTB, dengan syarat harus menyusun skenario pemenuhan modal inti. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply