Sebaran Siswa Sekolah di Kota Mataram Tidak Merata

sekolah SD (ilustrasi)

sekolah SD (ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Sebaran siswa di semua sekolah di Kota Mataram belum merata. Hal ini terlihat di sekolah tertentu, siswa yang dimiliki mencapai ratusan, sementara di sekolah lain hanya memiliki puluhan siswa. Dengan kondisi ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram mengupayakan membangun sekolah di dekat pemukiman.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H. Ruslan Effendi kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, penyebaran siswa yang belum merata di Kota Mataram tidak hanya terlihat di SDN namun semua jenjang sekolah seperti SMP, SMK dan SMK.

Sehingga saat ini, Dinas Dikpora Kota Mataram masih mencari lahan di kawasan Tohpati untuk pembangunan SDN. Namun sayangnya harga lahan tersebut masih cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 140 juta per are. Dinas Dikpora sudah meminta camat dan lurah untuk membantu mencarikan lahan. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan SDN tersebut sekitar 30 sampai 40 are.

“Penyebaran itu yang tidak merata. Kita di Cakra ini ada SDN 2 Cakra itu punya murid 975, sementara sebelah utara tidak terlalu jauh ada SD 36 Mataram itu muridnya dalam satu kelas itu ada yang lima ada enam ada tujuh, kan sedikit sekali. Kita berusaha membangun sekolah di kantong-kantong siswa di dekat pemukiman-pemukiman. Kita menganut prinsip mendekatkan sekolah dengan masyarakat” kata Ruslan Effendi Senin (20/10)

Dia mengatakan, pembangunan SDN ini bukan karena jumlah sekolah SDN di kota Mataram belum mencukupi melainkan mendekatkan sekolah dengan masyarakat. Diakunya, banyak masyarakat yang tidak mau menyekolahkan anaknya ke sekolah yang dekat dengan rumahnya dengan alasan mencari sekolah yang berkulitas. Sementara itu, Ruslan mengklaim peningkatan kualitas disemua sekolah di Kota Mataram sudah dilakukan seperti mengikutsertakan guru dimasing-masing sekolah dalam berbagai kegiatan.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply