Kota Mataram Akan Sediakan Cidomo Khusus Untuk Wisatawan

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram akan melakukan uji coba terhadap pengadaan cidomo pariwisata. Jumlah cidomo yang akan dijadikan uji coba tahun ini sebanyak enam unit cidomo. Sementara untuk pembuatan cidomo pariwisata tahun depan , Disbdupar Kota Mataram akan menganggarkan sekitar 100 juta.

Demikian disampaikan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbdupar) Kota Mataram H. Abdul Latief Najib di Mataram. Ia mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat edaran kepada para kusir cidomo melalui masing-masing kepala lingkungan.

Disbudpar Kota Mataram akan memilih cidomo yang layak untuk menjadi transportasi pariwisata. Tidak hanya cidomo, kusir cidomo juga dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang pariwisata di Kota Mataram. Sehingga Disbudpar Kota Mataram akan melakukan pembinaan terlebih dahulu kepada para kusir cidomo.

“Paling tidak 50 sampai 100 juta lah kita anggarkan tahun 2015 ini. Kalau cidomo pariwisata ini kan lebih khusus. Kalau kudanya kan di masyarakat karena kan butuh perawatan kudanya. Sekarang untuk uji cobanya cidomo yang ada di masyarakat tetapi akan kita pilih dulu yang layak” kata Latief Sabtu (18/10)

Untuk pengoperasian cidomo pariwisata ini, Disbudpar akan menata cidomo tersebut terutama pada kantong kotoran kuda. Pasalnya saat ini kantong kotoran kuda merupakan masalah yang belum bisa ditangani secara maksimal oleh dinas terkait. Selain itu, Disbudpar Kota Mataram akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan pihak kepolisian untuk membuatkan jalur khusus cidomo. Hal ini dilakukan agar cidomo pariwisata tersebut tidak mengganggu lalu lintas.

Disbudpar Kota Mataram juga akan mempersiapkan uang konpensasi untuk para kusir cidomo. Karena menjadi kusir cidomo merupakan mata pencahariannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jika cidomo pariwisata tersebut tidak mendapatkan penumpang maka dinas terkait harus memberikan uang pengganti sekitar Rp. 100 ribu perhari.(ris/azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply