Pengurus Jadi TKI, Puluhan Unit TBM Kota Mataram tak Aktif

Taman Bacaan Masyarakat ( ilustrasi)

Taman Bacaan Masyarakat ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Sekitar 20 lebih Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kota Mataram tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, pihak Badan Perpustakaan Daerah Kota Mataram belum mengetahui secara pasti masalah yang terjadi. Namun diperkirakan terlantarnya TBM itu diklaim karena masyarakat yang mengelolanya menjadi TKI.

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Mataram Ririn Yuniarti kepada Global FM Lombok Kamis (16/10) di Mataram. Ia menyebutkan, jumlah TBM yang aktif di Kota Mataram sebanyak 19 TBM. Ada beberapa TBM yang ada di Kota Mataram dikelola oleh masyarakat atau lembaga tertentu. Dicontohkannya, TBM yang ada di Taman Sangkareang dikelola oleh Tim penggerak PKK Kota Mataram.

Sementara untuk pengadaan buku, TBM mempunyai bantuan dari pemerintah pusat. Diharapkan pemerintah daerah juga mendukung untuk pengadaan buku untuk setiap TBM. Selain dari pemerintah pusat, setiap TBM saling menukar buku bacaan. Hal ini dilakukan agar koleksi buku disetiap TBM selalu baru.

Untuk kedepan pihak perpustakaan Kota Mataram akan melakukan pembinaan terhadap pengurus TBM baik yang aktif dan tidak aktif. Sepinya tingkat kunjungan di setiap TBM diklaim karena budaya membaca masyarakat masih sangat kurang.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply