Disbudpar Kota Mataram Minta Hotel Terapkan Nuansa Religius

Hotel di Mataram diminta memberi petunjuk arah kiblat di dalam kamar

Hotel di Mataram diminta memberi petunjuk arah kiblat di dalam kamar

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram akan melakukan pendekatan dengan pelaku pariwisata. Pendekatan yang dilakukan untuk meminta kepada pelaku pariwisata terutama hotel agar menerapkan pengembangan syar’i. Pasalnya, banyak hotel di Kota Mataram yang hanya menyediakan tempat beribadah cukup kecil.

Demikian disampaikan Kepala Disbudpar Kota Mataram H. Adul Latief Najib kepada Global FM Lombok Rabu (15/10) di Mataram. Ia mengatakan, pengembangan dengan pendekatan syar’i ini juga merupakan instruksi Majlis Ulama Indonesai (MUI) NTB, dimana agar hotel di NTB menerapkan nuansa religius.

Dicontohkannya, sebagian besar hotel di Kota Mataram tidak menyediakan fasilitas ibadah dengan lengkap di masing-masing kamar hotel. Selain itu, mushalla yang disediakan masih kecil. Meski demikian, sebagian besar hotel di Kota Mataram sudah memberi petunjuk arah kiblat.

Hotel juga diminta untuk mengurus sertifikasi halal pada MUI, pasalnya UU untuk jaminan halal sudah disahkan oleh pemerintah pusat.Disbudpar Kota Mataram mendukung pengurusan sertifikasi halal oleh hotel yang ada di kota Mataram. Namun sampai saat ini Disbudpar belum pernah melakukan sosialisasi kepada pelaku pariwisata untuk pengurusan sertifikasi halal. (azm)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply