Bendungan Pandanduri Mulai Dipakai, Puluhan Ribu Lahan Bakal Terairi

Dam Pandanduri

Dam Pandanduri

Selong (Global FM Lombok)-Bendungan Pandanduri yang terletak di Desa Swangi Kabupaten Lombok Timur mulai beroperasi. Diprediksi pengisian bendungan tersebut akan dilakukan secara bertahap  hingga April 2015 mendatang. Peresmian dilakukan oleh gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI, Djoko Kirmanto dan sejumlah pejabat pusat lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB h Dwi Sugianto usai acara pengisain air bendungan Pandanduri secara simbolis Selasa (14/10) di Desa Swangi Lombok Timur mengatakan, terbangunnya bendungan Pandanduri dihajatkan untuk mengurangi potensi kekeringan di Lombok Timur khususnya bagian selatan. Potensi air irigasi dari bendungan tersebut yang  kering sebanyak 50 ribu hektar. Dengan terbangunnya bendungan itu kini kekeringan tersisa 10 ribu hektar.

“Konsepnya ada 50 ribu hektar di Lombok bagian selatan dan yang masih itu sekitar 10 ribu hektar setelah terbangunnya Pandanduri. Air di bendungan Pandanduri bersumber dari sungai Palung dan pengisian dari  rutus babak untuk pengisian itu. Sehingga bendungan Pandanduri itu adalah bendungan yang sangat bagus karena di samping menerima air dari dalam area juga menerima air yang kelebihan dari wilayah tengah yang dibawa ke timur selatan”, paparnya.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NT – I, H. Marsono dalam sambutannya mengatakan, pembangunan bendungan Pandanduri dimulai sejak Mei 2011 sampai Oktober 2014. Bendungan itu nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Lombok Timur melalui penyediaan air untuk irigasi. Bendungan Pandanduri seluas 430 hektar dengan tinggi 41 meter dengan panjang bentang 950 meter dan volume tampung 27, 2 juta meter kubik air. (ris/irs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply