Anggaran Fasilitas Kebersihan Terbatas, Tempat Sampah Liar Bermunculan

sampah Mataram (Global FM Lombok)-Sampai saat pemerintah Kota Mataram belum melengkapi fasilitas kebersihan untuk masyarakat. Hal ini disebabkan anggaran yang disiapkan oleh pemerintah Kota Mataram untuk pengadaan fasilitas sampah masih kurang. Dengan keterbatasan ini,  banyak terdapat tumpukan sampah diberbagai sudut di Kota Mataram.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana kepada Global FM Lombok di ruang kerjanya. Ia mengatakan, setiap tahun pemerintah Kota Mataram berupaya untuk menangani persoalan sampah di Kota Mataram yang sudah over load. Dicontohkanya, upaya yang dilakukan seperti penambahan alat pengangkut, serta tahun ini pemerintah kota Mataram mengadakan insenerator atau alat pencacah sampah.

“Pemerintah belum bisa mengoptimalisasi sarananya ya. Karena postur anggaran kita belum bisa secara optimal memberikan pos yang lebih besar untuk penanganan khususnya operasional kebersihan. Seperti kendaraannya, dump truck, container dan lain-lainnya” kata Mohan .

Jika semua fasilitas sampah sudah terpenuhi di Kota Mataram, pemerintah berencana membuat aturan larangan keras membuang sampah di sembarang trempat. Namun saat ini pemerintah Kota Mataram dalam tahap mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Ia mangakui, pemerintah Kota Mataram belum mempunyai target untuk menyelesaikan masalah sampah tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan pada Dinas Kebersihan Kota Mataram H. Muzahar mengatakan, Dinas Kebersihan Kota Mataram mengaggarkan gerobak sampah setiap tahun untuk masing-masing RT. Namun sampai saat ini semua RT di Kota Mataram belum merata diberikan fasilitas kebersihan tersebut.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply