Cadangan Daya Listrik Minim, Pemadaman Bergilir Masih Terjadi

PLN (ilustrasi)

PLN (ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Pemadaman listrik bergilir yang terjadi dalam sepekan ini disebabkan oleh adanya pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit tiga Jeranjang.  Pemeliharaan PLTU unit tiga yang berkapasitas 25 megawatt (Mw) ini kembali dilakukan karena adanya gangguan pada sistem pendingin unit tiga tersebut. Kondisi ini diperparah karena minimnya cadangan listrik dari PLN yang hanya tersedia tujuh Mw.

Demikian disampaikan General Manajer PLN Jeranjang, Andi Lakipadadah kepada Global FM Lombok, Kamis (09/10) pagi di kantor gubernur NTB. Dikatakan, dengan minimnya cadangan daya yaitu hanya tujuh Mw, berarti kapasitas daya listrik di Lombok ini minus 18 MW, karena PLTU yang sedang tidak aktif berkapasitas 25 Mw.

“Kondisi kita di sistem Lombok ini cadangannya sangat tipis. Saat ini karena ada  beberapa PLTD yang sedang dalam pemeliharaan, cadangan kita hanya tujuh Mw. Dengan kondisi cadangan tujuh Mw, mesin-mesin ini kan setiap saat bisa terjadi perubahan tiba-tiba, termasuk di PLTU kemarin. PLTU kemarin ada gangguan di sistem pendinginnya sehingga terpaksa stop. Kan baru satu yang beroprasi unit tiga itu, 25 Mw stop bagi kondidi cadangan 7 Mw  artinya kita minus 18”, paparnya.

Dilanjutkan, gangguan sistem unit tiga tersebut saat ini sudah dilakukan perbaikan dan telah kembali beroperasi namun daya listriknya masih memerlukan waktu. Pihaknya menargetkan pemadaman bergilir ini bisa diselesaikan pada bulan ini. Hal itu karena pemeliharaan unit tiga kali ini tidak akan terlalu lama seperti pemeliharaan pada bulan Mei sampai Juli lalu. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply