NTB Tetap Targetkan Rinjani Jadi Geopark Dunia Tahun Depan

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Mataram (Global FM Lombok)-Upaya pemerintah NTB untuk menjadikan gunung Rinjani sebagai taman bumi dunia atau global geopark terus dilakukan. Memang menyandang status geoprk dunia tidak gampang karena ahrus memenuhi syarat dan kreteria dari UNESCO atau Badan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB . Namun persiapan dari pemerintah NTB sudah cukup maksimal dalam rangka mengajukan Rinjani sebagai global geopark.

Kepala Bappeda Provinsi NTB Chairul Machsul kepada Global FM Lombok mengatakan, pemerintah NTB menargetkan inagurasi Rinjani sebagai global geopark dilakukan tahun depan. Jika Rinjani berstatus global geopark, UNESCO secara tidak langsung akan ikut mempromosikan gunung Rinjani dan akan berdampak pada tingkat kunjungan wisata khusus .

Chairul mengatakan, UNESCO kemungkinan akan memberi perhatian khusus terhadap geopark dunia seperti penguatan masyarakat setempat, perbaikan infrastruktur di kawasan Rinjani dan lain sebagainya.

Terkait dengan sering munculnya kasus kebakaran lereng Rinjani, hal itu diklaim tidak menjadi penghalang Rinjani jadi global geopark. Kebakaran lereng Rinjani sering diakibatkan oleh musim kering yang berkepanjangan. Dia mengatakan, masyarakat di sekitar Rinjani sudah mulai terlatih dalam menghadapi kebakaran lereng gunung sehingga kasusnya tidak membesar.

“Masyakarat sudah mulai terlatih, diisolir apinya sehingga tidak meluas seperti tahun-tahun lalu. Ketimbang lima tahun yang lalu, dulu parah. Sekarang tidak ada. Padahal kondisi cuaca hampir sama”katanya .(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply