Disosnakertrans Kota Mataram Bantu 30 Penyandang Disabilitas

Disabilitas ( ilustrasi)

Disabilitas ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram memberikan bantuan kepada 30 warga Kota Mataram penyandang cacat atau disabilitas. Bantuan yang diberikan berupa perlengkapan usaha. Karena beberapa waktu yang lalu Disosnakertrans memberikan pelatihan keterampilan kepada para penyandang disabilitas tersebut.

Demikian disampaikan kepala Disosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik kepada Global FM Lombok. Ia mengatakan, pelatihan yang sudah diberikan kepada warga penyandang disabilitas seperti pembuatan keset, aksesoris dan makanan ringan. Bantuan yang diberikan berupa pelengkapan untuk mengembangkan keterampilan yang sudah diajarkan untuk dijadikan usaha.

“ Ini bukan penyerahan bantuan saja, tapi dia sudah dilatih keterampilan. Ada yang dilatih pembuatan keset dan aksesoris, kemudian ada yang dilatih pembuatan makanan ringan selama 15 hari. Dari pelatihan ini mereka diberikan bantuan peralatan. Yang pelatihan keterampilan pembuatan makanan ringan itu dibantu kompor gas dengan tabungnya, kemudian ada oven, kemudian ada bahan-bahan untuk jajan” kata Ahsanul Khalik Senin (29/09).

Selain bahan, Disosnakertrans juga memberikan uang saku kepada masing-masing penyandang disabilitas, jumlah uang saku yang diberikan yaitu Rp. 500 ribu lebih. Bantuan yang sudah diberikan bersumber dari APBD Kota Mataram.

Disosnakertrans akan tetap memberikan pembinaan kepada warga yang mendapatkan bantuan tersebut. Selain warga disabilitas, Disosnakertrans juga memberikan pelatihan kepada keluarga penyandang disabilitas yang tergolong ekonomi rendah.

Ia mengakui, bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas belum merata diberikan oleh Disosnaketrans. Pasalnya jumlah warga penyandang disabilitas di Kota Mataram yaitu sebanyak 682 orang. Namun Disosnakertrans akan tetap berupaya untuk memberikan bantuan setiap tahun kepada mereka(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply