Kepala Daerah Dipilih DPRD, Masyarkat Harus Ikut Control

Pilkada oleh DPRD ( foto; skalanews.com)

Pilkada oleh DPRD ( foto; skalanews.com)

Mataram (Global FM Lombok)-Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi menilai pemilihan pimpinan daerah melalui DPRD akan menjadi tantangan bagi angota dewan. Karena harus membuktikan kepada masyarakat bahwa pemilihan melalui DPRD tidak sesuai dengan apa yang dikhawatirkan. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa pemilihan melalui DPRD akan terjadi suap menyuap. Namun masyarakat juga harus melakukan control terhadap tindakan yang dilakukan oleh anggota DPRD.

Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi kepada Global FM Lombok Jum’at (26/9) di Mataram mengatakan, apa yang dikhawatirkan oleh masyarakat akan menjadi perhatian anggota dewan. Karena menurutnya, ada beberapa penekanan yang akan dilakukan ketika pilkada walikota akan dipilih oleh DPRD yaitu menjadikan proses politik lebih efektif dan efesien serta tidak terjadi money politik. Dengan penekanan itu, dia menjamin tidak akan terjadi hal-hal yang melanggar aturan terkait dengan pemilihan kepala daerah oleh DPRD.

“Kami butuh control dari masyarakat, kami juga butuh kritik dan saran dari masyarakat. Justru kami berterima kasih jika masyarakat menyorot dewan agar tidak terjadi hal yang aneh-aneh di dewan. Sehingga apa yang menjadi semangat kita untuk membangun proses politik yang baik bisa terbanguan dengan baik,”katanya

Menurutnya, DPRD Kota Mataram sudah mempunyai pengalaman melaksanakan pilkada melalui DPRD yaitu pada tahun 2000 lalu. Menurutnya, apa yang dikhawatirkan oleh masyarakat tidak terjadi seperti memanfaatkan walikota dan anggota dewan menyalahgunaakan jabatan. Pemilihan pada tahun 2000 lalu itu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia menilai pengalaman pemilihan pilkada pada tahun 2000 lalu merupakan pengalaman yang berharga. Diharapkan mekanisme pilkada pada tahun 2000 lalu bisa terulang pada tahun 2015 mendatang. Selain itu, anggota dewan juga membutuhkan kritikan dari masyarakat sehingga apa yang dikhawatirkan tidak terjadi.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply