BMKG Kediri: Cuaca Normal Namun Kekeringan Sudah Meluas

Kekeringan (foto; tempo.co)

Kekeringan (foto; tempo.co)

Mataram (Global FM Lombok)-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Kediri, Lombok Barat menyatakan bahwa iklim di NTB masih berada pada batas normal yakni 32-33 derajat celsius pada waktu siang hari. Keadaan ini dinyatakan masih berada pada batas normal, namun keadaan itu tidak seimbang dengan kekeringan yang semakin meluas. Bahkan, BMKG telah menetapkan bahwa rata-rata daerah di NTB sudah tidak hujan melebihi 60 hari sejak bulan Agustus 2014 lalu.

Demikian disampaikan Kepala Stasiun BMKG Kediri, Wakodim kepada Global FM Lombok Sabtu (27/09) di Mataram. Dikatakan, dengan iklim normal namun kekeringan yang meluas pesat tersebut, dikhawatirkan jika terjadi elnino sedang atau elnino kuat. Kondisi itu bisa menimbulkan kekeringan yang benar benar kritis. Adapun daerah di NTB yang paling kritis mengalami kekeringan adalah Lombok Timur bagian selatan.

“tahun ini masih kategori tahun normal cuma tingkat kekeringannya lumayan cukup meluas karena BMKG sering sekali menginformasikan istilah elnino dan lanina. Elnino itu cenderung kekeringan dan lanina itu cenderung basah seperti tahun 2013 kemarin dan yang sekarang justru kondisi iklimnya normal tapi keringnya yang meluas. Yang ditakutkan nanti bagimana nanti kalau kondisi iklimnya misalnya elnino kuat atau elnino sedang nah itu lebih luas lagi nanti kekeringannya”, tutur Wakodim.

Dia mengatakan, musim kemarau tahun ini juga belum dikategorikan sebagai musim kemarau terpanjang sejak beberapa tahun terakhir, namun perkiraan BMKG, hujan akan turun pada bulan November 2014 mendatang. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply