Festival Senggigi Mampu Sedot Perhatian Wisatawan Asing

Salah satu atraksi yang ditampilkan di Festival Senggigi

Salah satu atraksi yang ditampilkan di Festival Senggigi

Giri Menang (Global FM Lombok)-Pemerintah kabupaten Lombok Barat (Lobar) kembali menggelar acara Festival Senggigi. Bupati Lobar H Zaini Arony membuka secara resmi kegiatan tahunan itu Rabu (24/09) sore. Festival Senggigi tahun ini dipusatkan di depan Pasar Seni Senggigi. Kegiatan itu mampu menyedot perhatian wisatawan mancanegara yang tengah berlibur di Lombok.

Pembukaan Festival Senggigi dihadiri oleh Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Tazbir. Hadir pula Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD), pejabat TNI/Polri dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Lobar, H Zaini Arony mengatakan, tema festival Senggigi kali ini adalah” Harmoni Budayaku, Lestari Alamku, Untukmu Lombok Baratku” . Festival Senggigi merupakan media dan ruang interaksi budaya, dimana berbagai khazanah seni dari seluruh kecamatan di Lobar dipertunjukkan dalam festival ini.

Dia berharap, tahun depan festival Senggigi tidak saja statusnya jegiatan lokal tapi akan menjadi event nasional yang akan dilakukan oleh Kementerian Pariwisata.

“ Pelaksanaan festival Senggigi dari tahun-ketahundilaksanakan sebagai ajang promosi pariwisata khusunya daerah ini. Mudah-mudahan tahun depan festival Senggigi statusnya tidak hanya lokal tapi akan menjadi sebuah nasional event yang terus dilaksanakan oleh Kementerian pariwisata” kata Zaini.

Bupati mengatakan, usaha pariwisata dapat membawa dampak yang positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun hal yang perlu diingat yaitu industri pariwisata cukup rentan dan mudah terpengaruh oleh kemananan nasional dan lokal.

“Saya ingin sampaikan kepada para wisatawan, selama anda berkunjung ke Lobar tidak akan ada gangguan keamanan didaerah ini. Karena itu kepada seluruh masyarakat terlebih masyarakat yang bermukim di kawasan wisata, saya berharap agar menjaga kemanan dan ketertiban, agar dunia pariwisata dapat terus berkembang dan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.” Katanya.

Festival Senggigi dilaksanakan mulai tanggal 24 – 27 September 2014. Adapun kegiatannya antara lain gelar malam seni budaya pariwisata, pameran industry kerajinan rakyat, pameran bonsai, kuliner tradisional Lombok serta sejumlah mata lomba. Lomba yang diadakan pada festival Senggigi kali ini adalah lomba mewarnai, lomba debat bahasa Inggris, lomba tari tradisional, lomba peragaan busana tradisional, bartender show, parade band sekolah dan lain-lain. (ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply