Mesin Cetak E KTP Sudah Didaerah, Namun Belum di Operasikan

E KTP ( ilustrasi)

E KTP ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Sekitar 30 hingga 40 ribu jumlah warga Kota Mataram yang belum mempunyai KTP Elektronik atau E KTP baik yang sudah merekam atau yang belum merekam. Seperti yang dijanjikan oleh pemerintah pusat, pada tahun 2014 KTP Elektronik akan dicetak di daerah. Mesin cetak tersebut sudah didistribusikan namun belum dioperasionalkan. Karena berdasarkan kesepakatan, alat tersebut akan dioperasionalkan pada bulan November mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H. Ridwan kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, saat ini pemerintah daerah masih menunggu blako dari pemerintah pusat. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah diantaranya perangkat pendukung agar bisa online sehingga tidak terjadi masalah ketika akan melakukan perekaman.

“Sekitar 30 sampai 40 ribu yang belum mendapatkan E-KTP, baik yang sudah merekam tapi belum punya. Sudah ada tapi kita belum operasiopnalkan nanti itu operasinya bulan November karna sekarang kita masih tunggu blanko. Sekarang sesuai dengan rapat koordinasi nasional itu kita diminta untuk bersiap-siap untuk menyiapkan pencetakan itu,”katanya

Menurutnya, dengan adanya mesin cetak KTP Elektronik di daerah tidak memberikan jaminan semua warga pada tahun 2015 memiliki KTP Elektronik. Karena banyak kendala yang dihadapi di lapangan salah satunya warga yang sudah uzur. Dengan kondisi seperti ini, Disdukcapil kota Mataram harus turun ke lapangan melakukan perekaman.

Ridwan mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemetaan jumlah warga yang sudah merekam namun belum dicetak dengan warga yang belum merekam. Saat ini, pencetakan KTP Elektronik merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Kecuali pada bulan November mendatang pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab untuk mencetak KTP Elektronik tersebut.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply