Lebih Dari 1.700 Rumah di Kota Mataram tak Layak Huni

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah Kota Mataram pada tahun ini akan merehab rumah tidak layak huni sebanyak 600 unit rumah. Program rehabilitasi rumah tidak layak huni ini dilakukan secara keroyokan oleh masing-masing SKPD terkait. Sampai saat ini sisa rumah tidak layak huni yang ada di Kota Mataram sekitar 1.780 unit rumah.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) H. Syaiful Mukmin kepada Global FM Lombok Kamis (18/9) di ruang kerjanya. Ia mengatakan, selama tiga tahun terakhir ini pemerintah Kota Mataram sudah merehabilitasi rumah tidak layak huni lebih dari 3000 unit. Rehabilitasi rumah tidak layak huni tersebut dilakukan secara merata di seluruh kecamatan di Kota Mataram.

“ Kita di kota Mataram Alhamdulillah dari program PNPM kan kemarin memprogramkan 386 unit, ada juga dari dana pembangunan kelurahan. Kita dari Badan Pemberdayaan masyarakat juga ada 86 unit. Insya Allah Bazda juga tidak kurang dari 50. Kalau dijumlahkan sekitar 600-an. Sebenarnya kita ingin tahun 2015 tuntas, namun setelah pendataan ulang sebanyak 1780 unit yang tidak layak huni” kata Syaiful Mukmin.

Ditargetkan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kota Mataram akan selesai dilakukan pada tahun 2018 mendatang. Satu unit rumah dianggarkan Rp.7 juta. Namun karena bantuan tersebut dikerjasamakan dengan pihak swasta, sehingga bantuan yang akan diberikan dalam bentuk bahan bangunan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ia menyebutkan, dari 600 unit rumah tidak layak huni yang akan diberikan bantuan pada tahun ini, sekitar 400 unit rumah yang sudah diberikan bantuan dan dalam proses pengerjaan. Diharapkan partisipasi masyarakat untuk membantu mengerjakan rumah tidak layak huni bantuan dari pemerintah Kota Mataram.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply