Galakkan Angkutan Umum, NTB Luncurkan Dua Bus Perintis

Kepala Dishubkominfo NTB Agung Hartono

Kepala Dishubkominfo NTB Agung Hartono

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Oleh karenanya, Dishubkominfo meluncurkan dua buah bus yakni transportasi Pemandu Moda jurusan Bandara Internartional Lombok (BIL)- Selong Lombok Timur dan Angkutan Perintis Jalan Lingkar Kota Mataram.

Hal itu dikatakan Kepala Dishubkominfo NTB, Agung Hartono kepada Global FM Lombok Rabu (17/09) di kantornya. Dikatakan, kedua bus tersebut adalah bantuan dari Kementerian Perhubungan. Untuk kedepannya, pemerintah akan berupaya menambah jumlah bus sesuai dengan permintaan layanan dari masyarakat.

“Salah satu dorongan pemerintah adalah bagaimana beralih dari angkutan pribadi sepeda motor ke angkutan umum. Ini mendorong dari angkutan pribadi ke angkutan umum, kenapa begitu, pertama untuk mengurangi tingkat volume kendaraan di jalan, kedua mengurangi konsumsi BBM dan mengurangi tingkat emisi gas buah dan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan. Hal inilah seiring dengan aksi daerah didalam penurunan gas rumah kaca”, tutur Agung.

Dilanjutkannya, selain fasilitas bus yang ber AC dan jarak tempuh yang teratur, tarif bus juga lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan lainnya seperti taksi. Dicontohkan, jarak tempuh BIL- Selong dengan jarak 50 kilo meter dengan menggunakan taksi memakan biaya sekitarRp 200 ribu . Berbeda dengan bus yang disediakan pemprov NTB hanya bertarif Rp 25 ribu. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply