112 Ribu Penduduk NTB Masih Menganggur

nganggur ( ilustrasi)

nganggur ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Sebanyak 112 ribu lebih atau 5,38 persen angkatan kerja di provinsi NTB masih menganggur. Jumlah angkatan kerja di provinsi NTB sendiri sebanyak 2 juta 94 ribu orang. Pemerintah daerah berupaya menurunkan angka pengangguran dengan sejumlah program.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) provinsi NTB H Wildan kepada Global FM Lombok di Mataram. Wildan mengatakan, berdasarkan latar belakang pendidikan, lulusan SLTA yang menganggur paling banyak yaitu sebanyak 48 ribu lebih atau 43 persen. Sementara pengangguran dari kalangan sarjana sebanyak 11 ribu lebih atau 10 persen.

Wildan mengatakan, dari dua jutaan angkatan kerja di NTB, sebanyak 1,9 juta penduduk yang sudah bekerja. Dari sekian banyak bidang pekerjaan, sector pertanian dan perikanan yang paling mendominasi yaitu sebesar 45 prsen. Sementara warga yang bekerja di sector tambang hanya 1,69 persen.

Dia menambahkan, pada tahun 2012 lalu angka pengangguran di NTB pernah sebesar 5,26 persen. Namun karena terjadi krisis financial di dalam negeri sehingga angka pengangguran kembali naik beberapa poin. (ris)-

 

.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply