Komisi Informasi Elemen Terpenting Pencegahan Korupsi

Ketua KPK Abraham Samad

Ketua KPK Abraham Samad

Mataram (Global FM Lombok)-Ketua KPK Abraham Samad menilai keberadaan Komisi Informasi (KI) baik di pusat maupun di daerah menjadi elemen terpenting dalam pencegahan korupsi. KI menjadi lembaga yang menjamin keterbukaan informasi public bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Abraham Samad saat memberi materi dalam Rakornas Komisi Informasi (KI) yang berlangsung di Mataram Jumat (12/09) sore. Dia mengatakan, dokumen APBD yang sering dipersoalkan oleh masyarakat merupakan kepentingan publik. Dengan demikian setiap dokumen APBD harus bisa diakses ,sehingga masyarakat bisa mengawasi dan mengkritisi anggaran daerah.

Abraham Samad mengatakan, sejak tahun 2011 lalu, KPK menggunakan metode yang berbeda dalam penanganan kasus korupsi. Saat ini KPK berupaya menyatukan penindakan yang bersifat refresif dengan pendekatan pencegahan.

Dia mengatakan, menangkap orang dan membawanya ke pengadilan tidak cukup signifikan untuk mengurangi kasus korupsi. Namun pola pencegahan dan merubah system di kementerian dan lembaga menjadi kunci utama dalam pemberantasan korupsi.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply