Angka Kemiskinan NTB Di Bawah Provinsi Papua

ilustrasi kemiskinan ( sumber' inilah.com)

ilustrasi kemiskinan ( sumber’ inilah.com)

Mataram (Global FM Lombok)-Badan Pusat Statistik NTB mencatat, jumlah penduduk miskin di daerah NTB saat ini sebanyak 800 ribu jiwa lebih dengan posisi NTB di bawah provinsi Papua, Gorontalo dan Maluku dengan penurunan kemiskinan sebanyak 1,1 persen. Dari data BPS hingga Maret 2014, angka kemiskinan di NTB sebanyak 13,24 persen, menurun dari angka kemiskinan pada tahun 2009-2013 sebesar 17,24 persen.

Hal itu dikatakan, Staf Ahli Gubernur NTB, Ridwansyah di Mataram Kamis (10/09). Dia mengatakan, dilah dilaksanakan penadatanganan kesepahaman atau MoU antar pemerintah provinsi dan seluruh Kabupaten Kota se NTB pada tahun 2009-2013. Dimana, ditetapkan bahwa target dari masing-masing Kabupaten Kota untuk penurunan angka kemiskinan adalah 2 persen per tahun.

“ Saat ini jumlah penduduk miskin di NTB sebanyak 800 ribu jiwa lebih dengan posisi di bawah provinsi Papua, Gorontalo dan Maluku dengan penurunan kemiskinan sebanyak 1,1 persen. Jika melihat pencapain target terhadap realisasi angka kemiskinan di NT , ternyata dari 10 Kabupaten Kota, hanya tiga Kabupaten Kota yang mencapai target yakni Lombok Barat, KLU dan Sumbawa”, katanya.

Dilanjutkan, jika melihat secara grafis, laju penurunan kemiskinan per tahun di NTB menunjukkan angka yang progresif. NTB juga pernah meraih posisi ke empat provinsi yang progresif. Sementara itu, jika melihat angka penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kota, yang paling tinggi adalah Kabupaten Lombok Timur dan paling rendah di Kota Bima. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply