Satu Juta Jiwa Warga NTB Terancam Terkena Dampak Kekeringan

Kepala BPBD Wedha Magma Ardhi

Kepala BPBD Wedha Magma Ardhi

Mataram (Global FM Lombok)-Sekitar satu juta jiwa masyarakat NTB terancam dampak kekeringan tahun 2014 ini, angka itu meningkat dari prediksi pemerintah daerah sebelumnya yakni sekitar 1.800 jiwa. Sampai dengan saat ini, seluruh daerah NTB kecuali Kota Mataram telah mengalami 30 hingga 60 hari tanpa hujan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Wedha Magma Ardi, Selasa (09/09) siang di Mataram. Dia mengatakan, titik kekeringan di NTB semakin meluas. Bahkan, dibeberapa tempat seperti Kabupaten Bima dan Lombok Timur bagian selatan telah mengalami kekeringan lebih dari 60 hari.

“ Kalau jumlah penduduk sih mungkin tahun ini bisa-bisa sampai satu juta orang. Seperti KLU sebenarnya tidak terlalu nyata tapi ternyata, jadi kemungkinan kita bisa sampai satu juta orang kalau ini tidak segera ditangani. Kita provinsi tidak bisa menetapkan tanggap darurat kekeringan sebelum lebih dahulu ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Kota”, ujar Ardhi.

Dikatakan bahwa dirinya telah mengajukan surat kedua kalinya kepada Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi untuk disampaikan kepada seluruh Kabupaten Kota untuk segera melakukan kajian terhadap kemungkinan adanya kenaikan ekskalasi ancaman kekeringan. Selain itu, dia meminta agar segera menetapkan tanggap darurat kekeringan jika sudah memungkinkan.   (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply