Perpusnas Gelar Rodshow di NTB

Gubernur NTB sedang bertukar cinderamata dengan pejabat Perpusnas

Gubernur NTB sedang bertukar cinderamata dengan pejabat Perpusnas

Mataram (Global FM Lombok)-Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengadakan Road Show Promosi Minat Baca 2014 di Perpustakaan Daerah dan Arsip (Perpusda) NTB. Acara yang bertemakan “Roadshow 2014 di NTB Wujudkan NTB Gemar Membaca” ini, dihadiri oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Sekretaris Perpusnas Dedi Jumadi dan tiga narasumber yakni Pakar Buku Nasional Yasmin Yessy Gurman dan Budayawan NTB Mustakim Biawan.

Sekretaris Perpusnas, Dedi Jumadi dalam sambutannya Senin (08/09) mengatakan, perpustakaan melakukan pembinaan terhadap semua jenis perpustakaan yang ada di daerah, salah satunya adalah melestarikan khazanah bangsa. Oleh karenanya, ia meminta dukungan dan kerjasama kepada seluruh stake holder di daerah untuk melestarikan khazanah itu.

“ Untuk melestarikan seluruh khazanah bangsa di Negeri ini, seperti adanya naskah-naskah kuno di daerah yang tidak dirawat, kita minta agar berikan informasi melalui perpustakaan di Kabupaten Kota untuk dilestarikan. Bahkan, perpusnas telah membuat tim hunting agar bisa survey langsung ke daerah karena dikhawatirkan khazanah negeri kedepannya seperti naskah kuno akan diambil alih oleh Negara lain”, ujarnya.

Ia mengatakan, program perpusnas sendiri telah banyak dilaksanakan seperti pemberian 496 unit mobil keliling perpustakaan ke seluruh Kabupaten Kota. Selain itu, pemberian bantuan buku untuk Kabupaten Kota, Lapas, dan perpustakaan desa. Hingga saat ini telah terbentuk 23 ribu perpustakaan desa. Jumlah itu baru sekitar 30 persen dari 77 ribu desa di seluruh Indonesia yang belum tercover programperpustakaan desa. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply