Kini, RSUP NTB Sudah Mampu Pasang Alat Pacu Jantung Pada Pasien

Tim dokter RSUP NTB sedang memasang alat pacu jantung

Tim dokter RSUP NTB sedang memasang alat pacu jantung

Mataram (Global FM Lombok)-Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB kini sudah mampu melakukan operasi pemasangan pace maker atau alat pacu detak jantung pada pasien. Pace maker adalah sebuah perangkat bertenaga baterai untuk menstabilkan detak jantung dengan cara impuls listrik berkekuatan ringan. Alat itu dipasang untuk mengatasi ketidaksingkronan ritme jantung pasien.

Direktur RSUP NTB dr Mawardi Hamry kepada Global FM Lombok Senin (8/9) mengatakan, untuk pertama kalinya pemasangan alat pacu detak jantung di RSUP NTB dilaksanakan pada Minggu (7/9) kemarin pada pasien penderita jantung dengan kelainan sinkronisasi ritme jantung.

“Kami sudah memulai kegiatan untuk pemasangan alat pacu jantung, pace maker dengan membuka dinding dada untuk memasang alat itu. Kalau ada masyarakat yang terkena penyakit itu yang tadinya sering kita rujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita, RS Soetomo, ke RS Sanglah dengan biaya yang cukup mahal. Kalau disini cukup 66 juta. Kalau pasien Jamkesmas nanti ada aturan dari BPJS” kata Mawardi.

Operasi pemasangan dilaksanakan oleh tim RSUP NTB yang terdiri dari dokter spesialis jantung, anastesi dan radiologi serta didampingi oleh tim manajemen, bidang pelayanan dan humas. Pelaksanaan operasi juga melibatkan ahli jantung dari RS dr Soetomo Surabaya dan RS Sarjito Yogyakarta. Alat ini bisa bertahan di dalam jantung pasien sampai 10 tahun.

Mawardi mengatakan, biaya pemasangan alat pacu detak jantung di RSUP NTB hanya Rp 66 juta. Biaya ini diklaim jauh lebih murah dibanding pasien yang dirujuk ke rumah sakit di luar daerah. Bagi pasien yang memegang kartu BPJS memiliki ketentuan tersendiri.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply