500 Hektar Kawasan Savanna TNGR Terbakar

Kawasan TNGR

Kawasan TNGR

Mataram (Global FM Lombok)-Sekitar 500 hektar kawasan savanna atau kawasan ilalang di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), terbakar pada Kamis (04/9) lalu. Kebakaran savanna tersebut terjadi di beberapa lokasi seperti di wilayah Sembalun Lombok Timur dan di Aik Berik Batu Kliang Utara Lombok Tengah. Kondisi saat ini, seluruh savanna yang terbakar telah dipadamkan dan dibersihkan oleh petugas lapangan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) NTB, Andi Pramaria saat dikonfirmasi Global FM Lombok Sabtu (06/09) siang di Mataram. Ia mengatakan, kebakaran savanna disebabkan oleh musim kering yang panjang dan adanya orang yang menyulut atau melakukan pembakaran yang tidak bisa dikendalikan. Ia mengatakan, daerah Sembalun dipenuhi padang savanna yang banyak ditumbuhi ilalang sehingga sangat mudah terbakar.

“Jadi ada dua lokasi yang terbakar, yakni di kawasan Sembalun Lombok Timur yang memang itu adalah daerah savanna dan ditumbuhi ilalang kering, sekarang kan musim kering panjang sehingga lebih mudah dia terbakar. Sementara ,lokasi kedua itu di Aik Berik, ini dalam skala yang lebih kecil, itu disebabkan oleh ada penyulut. Itu yang pertama, kondisi yang kering dan adanya pembakaran yang tidak bisa dikendalikan”, ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya langsung datang ke lokasi kebakaran untuk melakukan lokalisir dan pemadaman sehingga pada jam tiga pagi seluruh api telah berhasil dipadamkan.

“ Penaganannya pada malam itu kami sudah datang ke lokasi untuk memadamkan. Jadi kita membuatnya sekat, jadi itu harus disekat setelah itu baru dilokalisir sehingga api itu tidak menjalar kemana-mana. Kemudian baru kita adakan pemadaman. Sekarang sudah padam” katanya.

Sementara itu, fauna dan seluruh spesies yang ada di wilayah kebakaran menurutnya tidak punah karena kemungkinan melarikan diri saat terjadinya kebakaran. Selain itu, pohon-pohon di hutan juga tidak sampai hangus dilalap api.

Selain itu, pihaknya juga telah mengirim dua petugas lagi untuk memastikan kondisi hutan tidak akan terbakar lagi dan melakukan pembersihan sebagai langkah antisipasi meluasnya kebakaran. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply