DBH-CHT NTB Tahun Ini Sebesar Rp 227 Milyar

Kepala Bappeda NTB Chairul Machsul

Kepala Bappeda NTB Chairul Machsul

Mataram (Global FM Lombok)-Pada tahun anggaran 2014 ini, provinsi NTB mendapat jatah Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) dari APBN sebesar Rp 227 milyar. Dana tersebut, meningkat dari bantuan tahun lalu sebesar Rp 180 milyar.Dana ini akan dibagi kepada 10 Kabupaten Kota se NTB sesuai dengan hasil produksi dan luas areal tanam tembakau di masing-masing Kabupaten Kota.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi NTB, Chairul Machsul kepada Global FM Lombok, Rabu (03/08) di Mataram. Dikatakan, daerah yang paling banyak mendapat bantuan DBH-CHT adalah Kabupaten Lombok Timur sekitar Rp 48 milyar dan disusul oleh Kabupaten Lombok Tengah sebagai wilayah penghasil tembakau terbesar di NTB.

“Kita dapat Rp 227 milyar, terbesar itu Lombok timur, sekitar Rp 48 dan setelah itu Lombok Tengah. Kalau provinsi dapat Rp 68 milyar yang penggunaannya itu sudah diatur di PMK. Ada juga termasuk bahan bakar alternatif. Saat ini bukan lagi dana bergilir tapi untuk peningkatan mutu di daerah untuk sarana prasarana, yang terima ini bukan hanya kelompok tapi per orang, ada semua datanya di masing-masing SKPD”, jelasnya.

Dikatakannya, untuk provinsi NTB mendapat bantuan sebanyak Rp 60 milyar dari bantuan DBH-CHT yang akan digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan. DBH-CHT jatah pemprov juga dipakai untuk bantuan alat pertanian sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Untuk dana cukai tembakau tahun ini, ada juga anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan bahan bakar alternatif seperti cangkang sawit, kemiri dan lainnya sebanyak Rp 12 milyar. Dana sebesar itu akan dibagi kepada sekitar 8000 petani tembakau. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply