Tunggu Mesin Cetak Ke Daerah, Seribuan Hasil Rekaman E-KTP Belum Dicetak

E KTP ( ilustrasi)

E KTP ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram mengharapkan agar mesin pencetakan KTP elektronik segera dikirim ke setiap daerah. Karena berdasarkan keputusan pemerintah pusat pada tahun 2014 ini KTP elektronik di cetak dimasing-masing daerah. Sampai saat ini sekitar seribu lebih penduduk Kota Mataram yang sudah merekam KTP elektornik namun belum dicetak.

Demikian disampaikan kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H. Ridwan kepada Global FM Lombok Jum’at (29/8) di Mataram. Ia mengatakan, pihaknya belum mengetahui kepastian dari pemerintah pusat terkait waktu pengiriman mesin cetak KTP elektronik tersebut. Direncanakan pada bulan Sepetember nanti Dinas Dukcapil diundang untuk melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) khususnya Dirjen Administrasi Kependudukan guna membahas masalah mesin cetak E-KTP.

“Masih ada warga sekitar seribuan ya di data kami itu yang belum tercetak EKTPnya. Karena tidak tahu juga kebijakan pusat dihentikan sementara pencetakan itu karena ada rencana mau diserahkan ke daerah. Rencananya tahun ini, sampai kapan kita belum ada kepastian” kata Ridwan.

Dia mengatakan, keberadaan mesin cetak E-KTP di masing-masing daerah sangat membantu pemerintah daerah mempercepat penuntasan program E-KTP. Program E-KTP harus diselesaikan tahun ini mengingat pemberlakuan KTP konvensional sampai dengan bulan Desember 2014. Saat ini pencetakan E-KTP akan dihentikan untuk sementara dan akan diberikan kewenangan kepada masing-masing daerah untuk mencetak hasil rekaman tersebut.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply