Jaring Calon Kepala Daerah Kalangan Kader, PKS Siap Gelar Pemira

PKS

PKS

Mataram (Global FM Lombok)-DPW PKS NTB sedang bersiap-siap menghadapi pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten kota di NTB tahun depan. Pola yang dilaksanakan oleh PKS yaitu penjaringan bakal calon kepala daerah baik dari kalangan kader maupun luar kader. Penjaringan dari kalangan kader dilakukan melalui mekanisme pemilu raya atau Pemira.

Hal itu disampaikan sekretaris DPW PKS NTB Abdul hadi kepada Global FM Lombok. Abdul Hadi mengatakan, mekanisme pemira dilakukan dengan cara mengundang pengurus, kader dan simpatisan PKS untuk memilih kader partai yang diinginkan maju dalam pilkada. Nama-nama kandidat kepala daerah yang diajukan PKS akan dikirim ke DPP dan menjadi keputusan DPW.

Hadi mengatakan, peluang PKS di beberapa pilkada cukup besar mengingat perolehan kursi di legislative yang masih tetap bagus. Sebagai contoh perolehan kursi legislative PKS di kota Mataram sebanyak 3 kursi, Lombok Tengah 5 kursi Kabupaten Bima 4 kursi, Kabupaten Dompu 3 kursi, Kabupaten Sumbawa 3 kursi, kabupaten KSB 1 kursi dan KLU 1 kursi.

Sebelumnya Anggota KPU Provinsi NTB Agus mengatakan, sebanyak tujuh kabupaten kota di provinsi NTB akan menggelar pilkada serentak tahun 2015 mendatang. Pilkada serentak akan dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama digelar sekitar bulan Mei 2015 dan tahap kedua digelar sekitar bulan Juli 2015.

Dalam aturan pilkada, penggabungan pelaksanaan pilkada dimungkinkan jika jarak berakhirnya masa tugas bupati dan walikota masih dalam kurun waktu 90 hari.

Daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak tahap pertama ini sebanyak lima daerah yaitu Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kabupaten Bima, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Dompu. Pelaksanaan pilkada kelima daerah ini digabung karena jarak berakhirnya masa tugas bupati walikota hanya 78 hari.

Sementara pada tahap kedua akan dilaksanakan pilkada serentak di kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dan Kabupaten Sumbawa karena jarak masa berakhirnya masa tugas kedua bupati ini hanya 52 hari.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply