Pelamar CPNS Bisa Pakai Data Base E KTP

CPNS ( ilustrasi)

CPNS ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Para pelamar CPNS yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E KTP) bisa menggunakan data base E KTP yang telah di rekam di Disosdukcapil Kabupaten Kota. Itu adalah langkah yang diambil Disosducapil NTB menyusul pengumuman dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN) RI bahwa NIK (nomor induk kependudukan) yang dipakai dalam pendaftaran online adalah NIK e-KTP.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) NTB, Bachruddin kepada Global FM Lombok Rabu (27/08) kemarin. Dikatakan, sejauh ini pemprov NTB belum menerima intruksi dari Kemen PAN RI terkait hal itu. Namun sebagai langkah antisipasi, pemprov NTB akan menghimbau kepada Kabupaten Kota agar memberikan data base E KTP yang telah direkam kepada masyarakat yang meminta.

“ Bisa minta data base E KTP pada Dukcapil kecamatan itu bisa dilakukan, itu bisa diminta. Nanti kita atasi dengan cara seperti itu, kita belum ada informasi tentang itu dan intruksi dari Kemendagri tapi kalau belum ada terbit E KTP nya kita akan buat jalan pintas dengan hal itu. Itu tidak akan terlalu lama, bahkan di KTP lama NIK-nya juga sama dengan NIK E KTP itu juga bisa dipakai. Tapi kalau mau lebih falid E KTP, minta data base itu”, jelasnya.

Ketika pendaftaran CPNS telah berjalan dua hari pada tanggal 20 Agustus lalu, KemenPAN RB mengumumkan bahwa NIK yang dipakai dalam pendaftaran online CPNS adalah NIK e-KTP. Hal itu membuat para calon pelamar yang belum memiliki e KTP kelabakan karena masa pendaftaraan terus berjalan, sementara masih banyak masyarakat yang belum memiliki e KTP. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply