Ribuan Peserta OSN 2014 Akan Berkompetisi di NTB

Kepala Dikpora NTB H Imhal tengah menjelaskan persiapan O2SN di NTB

Kepala Dikpora NTB H Imhal tengah menjelaskan persiapan OSN di NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Sebanyak 3.168 orang peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 akan datang ke provinsi NTB pada acara lomba OSN tahun 2014. Kegiatan itu akan berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 1 hingga 7 Sepetember mendatang. Peserta OSN tersebut, terdiri dari peserta sebanyak 1.378 orang, pendamping 1.378 orang dan dewan juri sebanyak 202 orang. Sedangkan panitia pelaksana sebanyak 210 orang dari seluruh Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, H. Imhal kepada wartawan Selasa (26/08) pagi di kantor gubernur NTB. Ia mengatakan, provinsi NTB ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Agenda tahunan Kemendikbud tersebut, dimaksudkan untuk mencari ilmuan-ilmuan muda di bidang sains yang tersebar diseluruh Indonesia. Sehingga pada usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045 mendatang, diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin yang professional di bidang masing-masing. Dimana, lanjut Imhal, pada tahun 2045 itu, dibutuhkan 193 ribu professional di setiap bidang kehidupan”, tuturnya.

Pesera lomba OSN ini Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKLK) Pendidikan Dasar dan PKLK Pendidikan Menangah SMK dan SMA. Sedangkan kegiatan mata pelajaran akan dilaksanakan di Universitas Mataram (Unram), SMAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram dan SMAN 5 Mataram untuk tingkat SMA. Sedangkan untuk SMK akan dilaksanakan di kampus Unram. Selain itu, ada juga penelitian di lapangan dan pengamatan ekosistem dan biota laut di beberapa pantai di pulau Lombok.

Pada kegiatan OSN di yang diadakan di Bandung tahun 2013 lalu, NTB memperoleh lima medali yang diharapkan bisa ditingkatkan pada OSN tahun 2014 ini. Pasca OSN, para peserta akan mengunjungi beberapa tempat wisata dan budaya di NTB. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply