Dinas PU Kota Mataram Perbaiki Kampung Kumuh

kampung kumuh ( ilustrasi)

kampung kumuh ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Pada akhir tahun 2014 ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram sudah mulai memperbaiki beberapa fasilitas dalam program bedah kampung. Pada tahun ini, ada dua wilayah yang diintervensi oleh pemerintah Kota Mataram yaitu wilayah Gomong dan Pejeruk. Perbaikan fasilitas ini difokuskan untuk wilayah yang dinilai masih padat, kumuh dan miskin.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram Mahmuddin Tura kepada Global FM Lombok Selasa (26/8) di Mataram. Ia menyebutkan, fasilitas yang akan diintervensi pada program tersebut yaitu saluran drainase, MCK, beberapa rumah tidak layak huni serta beberapa fasilitas lainnya.

Dalam satu wilayah, dana yang akan diberikan sebesar Rp.200 juta yang bersumber dari APBD Kota Mataram. Pelaksanaan program ini dinilai masih uji coba, karena pemerintah Kota Mataram melalui program budah kampung akan mengurangi kekumuhan yang ada dibeberapa wilayah padat penduduk.

Ia mengatakan, dana yang akan diberikan untuk satu unit rumah sebanyak Rp. 5 sampai 10 juta. Namun bantuan yang akan diberikan dalam bentuk bahan bangunan. Sehingga pemerintah Kota Mataram akan melihat bahan bangunan yang dibutuhkan dalam satu unit rumah.

Namun kendala yang dihadapi, pemilik rumah mempertanyakan biaya yang akan diberikan kepada pekerja yang akan mengerjakan rumahnya. Terkait dengan persoalan ini, pemerintah Kota Mataram akan mengkaji kembali jika akan memberikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan kepada masyarakat.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply