Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan Meningkat 20 Persen

Salah satu pemandangan hotel di Senggigi Lombok Barat (Senggigihotelslombok.com)

Salah satu pemandangan hotel di Senggigi Lombok Barat (Senggigihotelslombok.com)

Mataram (Global FM Lombok)-Kunjungan wisatawan ke provinsi NTB meningkat sekitar 20 persen saat libur lebaran. Peningkatan itu terlihat dari tingkat hunian seluruh hotel berbintang di NTB yang telah telah full booking, terutama hotel-hotel yang ada di kawasan wisata Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara. Wisatawan yang ke daerah NTB ini umumnya untuk berlibur dan berkunjung ke tempat-tempat ziarah yang ada di NTB.

Kepada Global FM Lombok, Kepala Disbudpar NTB Muhamad Nasir di Mataram mengatakan, wisatawan yang datang ke daerah lebih didominasi oleh wisatawan Nusantara yang ingin berlibur ke NTB. Meningkatnya kunjungan wisatawan ini berpengaruh terhadap tingkat belanja di NTB, selaras dengan upaya pemerintah yang tengah mendekatkan sentra industri masyarakat dengan lokasi wisata.

“Pada bulan puasa lalu, kunjungan wisatawan cukup stabil namun begitu lebaran selesai, tingkat huniannya sudah full booking di seluruh hotel berbintang. Kamar-kamar hotel yang full booking itu biasanya telah dipesan sejak dua bulan sebelum lebaran. Kemarin juga ada tamu pak gubernur kita kesulitan kamar karena sudah full”, katanya.

Ia mengatakan, lokasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah tempat-tempat yang memiliki aspek historis riligius seperti Makam Selaparang, Makam Nyatuk dan Masjid Kuno Bayan Beleq di KLU bagi wisatawan muslim. Sedangkan untuk tujuan kunjungan wisatawan mancanegara masih sama seperti bulan biasa yakni objek wisata tiga Gili di KLU. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply