Peningkatan Arus Mudik di BIL, Didimonasi Kedatangan

Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok

Mataram (Global FM Lombok)-Arus mudik di Bandara International Lombok (BIL) mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari jumlah penumpang pada arus mudik tahun 2013 lalu. Peningkatan penumpang ini, lebih banyak disumbang dari jumlah kedatangan ke dalam daerah daripada keberangkatan. Kedatangan penumpang yang didominasi oleh TKI ini, terlihat pada H+1, yang mencapai 4.500 orang per hari.

Hal itu disampaikan Air Duty Manager (ADM) PT Angkasa Pura I, BIL Wahyu Gandi Pitoyo kepada Global FM Lombok Rabu (30/07) di Mataram. Ia menuturkan, peningkatan penumpang ini tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk penumpang yang berangkat dari BIL , kata Wahyu juga mengalami peningkatan, namun tidak seperti arus kedatangan yang mencapai 2.900 orang per hari.

Ia mengatakan, penumpang yang datang melalui BIL ini didominasi oleh TKI yang bekerja di Malaysia. Sementara penumpang yang berangkat dari BIL didominasi oleh penerbangan rute ke BIL-Jakarta, BIL- Surabaya dan BIL- Bali dengan maskapai penerbangan didominasi oleh Garuda dan Lion Air.

Sementara untuk penerbangan tambahan, ia mengatakan, sejauh ini tidak ada karena penerbangan berjalan normal dengan 52 pergerakan pesawat per hari. Pergerakan pesawat itu sebanyak 47 untuk domestik dan lima penerbangan untuk international. Ia mengatakan, pihak Bandara telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang. (irs/ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply