Harga Daging dan Kebutuhan Pokok Menurun

Kepala Dinas PKP Kota Mataram H. Mutawalli sedang sidak ke pasar

Kepala Dinas PKP Kota Mataram H. Mutawalli sedang sidak ke pasar

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Mataram Sabtu (12/7) ini melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok serta mengawasi stok daging di Kota Mataram. Hasil dari pantauan yang dilakukan sejumlah kebutuhan terutama harga daging dan beberapa bumbu mengalami penunuran.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PKP Kota Mataram H. Mutawalli kepada Global FM Lombok Sabtu (12/7) di Pasar Mandalika. Ia mengatakan, hasil dari pantauan yang dilakukan harga daging turun, sebelumnya harga daging mencapai Rp. 120 ribu per kg, namun saat ini turun menjadi Rp. 100 ribu. Sementara untuk bumbu dapur seperti cabe rawit, harga sebelumnya yaitu Rp. 20 ribu per kg telah turun hampir 50 persen menjadi Rp. 10 ribu per kg. Begitu juga beberapa jenis macam sayur juga mengalami penurunan.

“Rata-rata turun ya daging dari 120 menjadi 100 daging ayam yang 35 sekarang 25-26 ribu. Cabe rawit yang dulunya 20 menjadi 10. Dan sayur yang lain juga turun. Rata-rata bagus sumber daging dari Majeluk dan Mamben RPH. Belum ditemuukan daging oplosan. Pemantauan akan kita lakukan di Pasar Pegasangan dan Pagesangan Kebon Roek, pemantauan ini dilakukan sampai menjelang lebaran,”katanya.

Selain memantau harga beberapa kebutuhan pokok, Dinas PKP juga memantau kualitas daging ayam dan daging sapi. Dimana pemantauan ini dilakukan untuk memastikan kulitas daging yang dijual. Dari hasil pemeriksaan terhadap daging yang dijual, kualitas daging di Pasar Tradisional Mandalika dinilai baik karena tidak ada daging oplosan. Selama ini daging yang dijual bersumber dari Rumah Potong Hewan yang ada di Majeluk Kota Mataram. Selain itu Dinas PKP Kota Mataram juga tetap melakukan antisipasi terhadap masuknya daging oplosan. Pemantauan tidak hanya dilakukan di induk Pasar Mandalika namun beberapa pasar tradisional lainnya seperti pasar Pagesangan dan Pasar Kebon Roek.

Menurutnya, kenaikkan harga beberapa kebutuhan pokok pada awal puasa lalu karena gejolak pasar. Namun setelah konsumen mengetahui stok kebutuhan pokok masih banyak, harga dipasaran berangsur normal. Meski demikian, diprediksikan harga daging akan melonjak naik pada beberapa hari menjelang lebaran karena permintaan diprediksikan akan meningkat.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply