Rinjani Diajukan Sebagai Geopark Dunia Oktober Mendatang

Mataram (Global FM Lombok)-Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan diusulkan menjadi taman bumi dunia atau geopark dunia ke UNESCO pada Oktober 2014 mendatang saat pertemuan anggota Global Geopark Network (GGN) di Kanada. Semua persiapan dan kelengkapan dokumen persyaratan usulan TNGR menjadi geopark dunia juga telah diselesaikan. Selain itu, pemerintah juga telah memasang papan iklan dan melakukan sosialisasi.

Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB, Chairul Machsul kepada Global FM Lombok Sabtu (12/7). Ia mengatakan, selain sosialisasi, pemerintah juga telah melengkapi kebutuhan di TNGR seperti pemasangan reklame neon, peningkatan pembenahan wisata dan penerjemahan seluruh persyaratan ke dalam bahasa Inggris.

“ Kita ini Oktober 2014 baru diusulkan, tahun depan baru inagurasinya. Mkanya kita akan minta pre-assessment Professor Matanabe datang kesini dari GGN Global Geopark Network. Translasi sudah, pasang signboard (papan informasi) sudah, sosialisasi sudah. Pemerintah Indonesia merencanakan menguslkan tahun ini “kata Chairul Machsul.

Nantinya setelah diusulkan, tim GGN akan datang memeriksa kesiapan TNGR menjadi geopark dunia dan akan diresmikan pada tahun 2015 mendatang. Ia mengatakan, untuk lebih mematangkan persiapan TNGR menjadi geopark dunia, pemprov NTB telah meminta tim GGN, Profesor Watanabi untuk datang ke ke pulau Lombok guna memantau sejauh mana persiapan TNGR ini pada Agustus mendatang.

Awalnya, professor Watanabi akan memeriksa Geopark Nasional yang telah diajukan menjadi geopark dunia yaitu di Merangin Jambi dan Gunung Sewu di Pacitan. Namun dia akan diminta oleh pemerintah untuk datang ke Lombok meninjau TNGR. Dari hasil pemantaunnya bisa dilakukan persiapan yang lebih matang. Anggaran pemantauan ini dianggarkan dari APBD.

Sebelumnya, bulan November 2013 lalu TNGR telah ditetapkan menjadi geoprak nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) dan Badan Geologi Nasional. (irs/ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply