KPU Sumbawa Siapkan Kuda dan Perahu Antar Logistik ke Daerah Terpencil

Kuda pengangkut logistik ( ilustrasi) Sumber : hariansib.co

Kuda pengangkut logistik ( ilustrasi) Sumber : hariansib.co

Sumbawa Besar (Global FM Lombok)- Kabupaten Sumbawa menyiapkan sejumlah perahu boat dan kuda untuk mengantar logistik pemilu presiden (pilpres) ke wilayah kepulauan dan daerah terpencil. Daerah kepulauan yang diberikan perhatian khusus diantaranya pulau Moyo, Medang dan pulau Ketapang.

Anggota KPU Kabupaten Sumbawa Divisi Logistik Nurkholis kepada Global FM Lombok di Sumbawa mengatakan, perjalanan yang ditempuh ke pulau-pulau seberang itu sekitar 3 hingga 4 jam. Jumlah TPS di pulau Moyo sebanyak 16 TPS dan pulau Ketapang sebanyak 1 TPS.

Sementara tenaga kuda dibutuhkan untuk mengangkut logistik ke daerah pegunungan di Sumbawa seperti di kecamatan Batulante dan Orong Telu. Bahkan dibeberapa wilayah seperti di desa Bau Desa kecamatan Batulante digunakan jasa pikul karena wilayah tersebut sangat terisolir.” Tofografinya sangat terjal, bertebing, makanya digunakan jasa pikul” katanya.

Dia mengatakan, distribusi logistik dilakukan mulai H-5 pemungutan suara pilpres, namun khusus wilayah terpencil dan daerah kepulauan, distribusi bisa dikirim lebih awal untuk menjamin logistik tidak datang telambat.

Distribusi logistik melalui laut tidak bisa dilakukan sembarang waktu karena gelombang laut sedang besar. “ Kami menghindari pengiriman logistik pada sore dan malam hari karena gelombang laut semakin besar” katanya. Terkait dengan sosialisasi pemilu ke daerah terpencil, KPU Kabupaten Sumbawa sudah melakukan sosialisasi bersama dengan relawan demokrasi.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply