BBPOM Temukan Lima Produk Mengandung Bahan Berbahaya

Tim Pengawas sedang berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar Tradisional

Tim Pengawas sedang berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar Tradisional

Mataram (Global FM Lombok)-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram melakukan pengawasan terhadap makanan yang dijual di pasar tradisonal. Pada hari Rabu (25/6) ini BBPOM Mataram mengawasi tiga pasar tradisional di Kota Mataram yaitu pasar tradisional Mandalika, Pagesangan dan Kebon Roek Ampenan. BBPOM menggunakan 33 contoh makan dan bumbu masak yang menggandung bahan berbahaya. Dari barang yang dijadikan sampel, sebanyak lima produk yang menggandung bahan berbahaya seperti terasi, kerupuk dan mie basah.

Demikian disampaikan petugas pengawasan BBPOM Mataram Hardiono Adisaputra kepada Global FM Lombok Rabu (25/6) di Mataram. Ia mengatakan, BBPOM akan memberikan peringatan kepada distributor yang menggunakan bahan berbahaya sebagai campuran dalam makanan yang akan dijual.

Dia mengatakan, BBPOM akan memberikan peringatan selama dua kali, jika tidak diindahkan akan dilanjutkan kepada tindakan hukum. Pengwasan terhadap makanan akan dilakukan selama bulan puasa. Selain itu BBPOM juga akan mencari perusahaan yang memproduksi bahan makanan berbahaya tersebut. Beberapa waktu lalu, BBPOM sudah memusnahkan satu gudang terasi dikawasan Lombok Timur dan Selagalas.

Selain pengawasan, BBPOM juga memberikan penyuluhan kepada para pedagang terkait bahan makanan yang berbahaya. Menurutnya, para pedagang dan pembeli yang ada di pasar belum tertarik terhadap penyuluhan yang dilakukan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply