Pedagang Lalai Lakukan Tera Ulang Timbangan

TimbanganMataram (Global FM Lombok)-Timbangan yang digunakan oleh beberapa pedagang di pasar tradisional menjadi sasaran Tim pengawasan untuk melakukan pemeriksaan. Tim pengawasan menemukan timbangan salah seorang pedagang tidak pernah dilakukan tera atau tera ulang. Tim pengawasan mengklaim tindakan tersebut merupakan kelalaian dari para pedagang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram Taufiqurrahman kepada Global FM Lombok Rabu (18/6) di Mataram. Ia menerangkan, pedagang yang menggunakan timbangan wajib melakukan tera atau tera ulang setiap tahun. Itu harus dilakukan agar timbangan tersebut sesuai dengan kondisi seharusnya. Ia mengklaim, kondisi timbangan yang tidak sesuai merupakan kelalaian dari para pedagang.

” Mungkin karena kelalaian mereka tidak melakukan tera atau tera ulang tersebut nanti juga kita akan peringati juga kepada yang bersangkutan,” katanya.

Ia mengklaim, pihaknya setiap tahun melakukan tera dan tera ulang terhadap timbangan yang yang ada, karena Badan Metrology mempunyai jadwal untuk keliling kesetiap pasar. Tim pengawasan memperingatkan para pedagang yang belum melakukan tera ulang. Dampak dari timbangan yang tidak pernah ditera ulang yaitu akan merugikan konsumen karena timbangan yang sudah tidak sesuai.

Taufiqurrahman mengatakan, timbangan yang digunakan belum tentu baik walaupun menurut pedagang tersebut baik. Sehingga pada saat tera ulang, ada petugas ahli yang akan melakukan tera ulang terhadap timbangan tersebut.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply