Temuan Kerugian IC dan Pengadaan Randis Telah Disetor Ke Kas Negara

Wakil Gubernur Moh Amin

Wakil Gubernur NTB  Moh Amin

Mataram (Global FM Lombok)-Wakil gubernur NTB Moh Amin menegaskan,temuan kerugian negara pada pengerjaan Islamic Center senilai 385 juta rupiah lebih telah disetor ke kas daerah. Begitu juga terhadap kelebihan atas pengadaan kendaraan dinas (randis ) sebesar 118 juta rupiah lebih, serta peruntukan dan pengembalian dana hibah sebesar 274 juta rupiah lebih,telah disetorkan ke kas daerah pada bulan mei 2014.

Hal itu disampaikan Wakil gubernur NTB Moh Amin dalam rapat paripurna DPRD NTB dengan agenda jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi-farksi terhadap LKPJ 2013 yang berlangsung di DPRD NTB Selasa (17/6). Amin mengatakan, semua temuan kerugian negara dalam sejumlah program telah dikembalikan ke kas negara. Termasuk masalah bunga 10 koperasi dan 1 bank perkreditan rakyat, eksekutif akan melakukan optimalisasi penagihan dan evaluasi kembali terhadap tunggakan tersebut.

Sebelumnya, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHP) BPK RI terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) APBD NTB tahun anggaran 2013 ditemukan indikasi kerugian daerah sebesar Rp 118 juta lebih berkaitan dengan pengadaan randis. Kerugian itu muncul karena kelebihan pembayaran untuk randis di sembilan SKPD.

Hal tersebut dipertanyakan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) dan Fraksi PPP DPRD NTB. Dikatakan oleh juru bicara Fraksi PKS Johan Rosihan, sejak awal penganggarannya, sudah lebih dari Rp 200 miliar yang sudah dianggarkan pemerintah daerah diluar hibah Newmont dan sumbangan masyarakat. (ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply