Sulitnya Mencari Peserta Transmigrasi di Kota Mataram

Salah satu potret penempatan Transmigrasi

Salah satu potret penempatan Transmigrasi

Mataram (Global FM Lombok)-Pada tahun ini Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram mendapatkan jatah lima kepala keluarga (KK) yang akan menjadi peserta transmigrasi ke Sulawesi. Warga Kota Mataram dinilai cukup mapan sehingga jatah yang diberikan pemerintah provinsi NTB paling sedikit. Selain itu peminat warga kota menjadi transmigran juga cukup kecil.

Demikian disampaikan Kepala Disosnakertrans Kota Mataram Ahsanul Khalik kepada Global FM Lombok di Mataram. Warga Kota Mataram yang akan dikirim ke Sulawesi akan bekerja sesuai dengan keahliannya. Ia mencontohkan warga yang mempunyai keahlian dalam bercocok tanam akan diberikan lahan. Namun sebelum keberangkatan, pemerintah Kota Mataram akan memberikan pelatihan keterampilan untuk menunjang usaha yang akan dilakukan di Sulawesi. Selain itu pemerintah Kota Mataram akan memberikan fasilitas, seperti peralatan untuk bekerja. Dimana anggaran yang akan digunakan bersumber dari APBD.

“Jatah kita kan memang sedikit dari provinsi kita dapat jatah lima kepala keluarga. Pemberangkatannya pada bulan November dan sekarang kita sedang cari peminatnya. Belum ada yang mengajukan diri, peminatnya ada, kan orang Mataram sudah maju, hidup sejahtera jadi tidak ada yang berminat itu bisa jadi, itu menjadi indicator bahwa masyarakat kita memang sudah sejahtera,” katanya.

Khalik menjelaskan, sampai saat ini belum ada warga Kota Mataram yang mengajukan diri menjadi peserta transmigrasi. Namun petugas sosial tetap akan mendata warga yang berminat ikut program transmigrasi ke Sulawesi. Selain itu informasi dari setiap lurah dan kepala lingkungan dinilai cukup penting untuk mendapatkan nama kepala keluarga yang akan ke Sulawesi. Pemberangkatan pesera transmigrasi tersebut dijadwalkan pada bulan November 2014 mendatang.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply