Dalam Empat Bulan, Remitansi TKI NTB Hampir 500 Miliar

Mataram (Global FM Lombok)-Dalam jangka waktu empat bulan mulai dari Januari hingga April 2014, remitansi atau kiriman uang T

Kepala BPS NTB Wahyudin saat memberikan ekspose ke pers

Kepala BPS NTB Wahyudin saat memberikan ekspose ke pers

KI NTB ke dalam negeri mencapai 499 miliar lebih. Data tersebut diperoleh dari Bank Indonesia dan kantor Pos Mataram, belum termasuk dana yang dibawa pulang secara langsung oleh TKI atau dikirim melalui media lain.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi NTB Wahyudin kepada wartawan mengatakan, jumlah remitansi TKI asal NTB setiap bulan masih fluktuatif, namun nilainya tetap diatas 100 miliar per bulan. Pada tahun 2013 lalu, jumlah remitansi TKI NTB yang dihitung oleh BI dan kantor Pos Mataram sebesar Rp 1,4 triliun.

“Remitansi TKI ya untuk tahun 2014 komulatif sampai dengan tahun 2014 itu sudah mencapai sekitar 449 milia lebih dari bulan Januari sampai April. Tahun 2013 yang lalu jumlah remitansi yang masuk di NTB ini sekitar 1,4 triliun lebih”kata Wahyudin.

Wahyudin mengatakan, dari catatan BI NTB, selama empat bulan itu remitansi terbesar berasal dari TKI NTB yang bekerja di Saudi Arabia dengan jumlah Rp 59 miliar, selanjutnya dari negara Malaysia sebesar Rp 3,4 miliar, negara Uni Emirat Arab sebesar Rp 3,3 miliar dan puluhan negara lainnya. Adapun penerima remitansi terbesar di NTB adalah masyarakat Mataram dan Lombok Barat, masyarakat Sumbawa dan Bima(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply