Jelang Puasa, Pemkot Mataram Antisipasi Anjal Musiman

anak jalanan ( sumber: sinarharapan.co)

anak jalanan ( sumber: sinarharapan.co)

Mataram (Global FM Lombok)-Menjelang datangnya bulan Ramadhan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram mulai melakukan antisipasi terhadap anak jalanan, gelandangan dan pengemis (anjal dan gepeng) yang ada di jalan raya dan pertokoan. Langkah yang akan dilakukan pemkot Mataram yaitu memberikan himbauan kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk tidak memberikan sumbangan dalam bentuk apapun kepada anjal dan gepeng.

Demikian disampaikan Kepala Disosnakertrans Kota Mataram Ahsanul Halik kepada Global FM Lombok Senin (26/5) di ruang kerjanya. Menurutnya, untuk mengurangi banyaknya anjal dan gepeng di Kota Mataram, partisipasi masyarakat dan pengguna jalan dibutuhkan. Jika ingin memberikan donasi atau sedekah, masyarakat disarankan menyalurkannya melalui lembaga yang ada, baik yang dikelola oleh swasta atau pemerintah.

Himbauan yang diberikan tersebut merupakan salah satu dari cara Disosnakertrans untuk mengantisipasi anjal dan gepeng. Selain itu pengemis yang keliling ke rumah warga diklaim merupakan tugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram untuk melakukan penertiban.

“Akan ada dalam waktu dekat, kita akan segera lakukan. Yang jelas pada bulan puasa tidak ada anjal yang berkeliaran di perempatan. Insya Allah kita jamin. Sementara untuk pengemis yang datang ke rumah warga Satpol PP yang punya tugas untuk menertibkan. Kita akan focus di perempatan-perempatan, tapi tentu kerjasama dengan Pol PP juga,” kata Ahsanul Halik

Menurut Halik, Disosnakertrans akan focus menangani anjal dan gepeng yang ada di jalan raya dan pertokoan. Pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan satpol PP untuk melakukan penertiban. Sehingga dengan antisipasi yang sudah mulai dilakukan, kepala Disosnakertrans menjamin anjal dan gepeng tidak akan berkeliaran selama bulan puasa.(azm/ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply