Kurikulum 2013, Rubah Total Paradigma Mengajar di Kelas

Prof Abdullah Alkaf sedang memberikan materi di forum dialog pendidikan Kamis (22/5)

Prof Abdullah Alkaf sedang memberikan materi di forum dialog pendidikan Kamis (22/5)

Giri Menang (Global FM Lombok)-Kurikulum 2013 telah menggantikan kurikulum sebelumnya yang diterapkan di Indonesia. Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktek daripada ceramah guru didalam kelas. Pola pembelajaran dibuat dengan pendekatan aktifitas sehingga siswa diajak lebih aktif dalam mempraktekkan materi pelajaran.

Demikian disampaikan staf khusus Mendikbud Prof Abdullah Alkaf dalam kegiatan forum dialog pendidikan dengan tema implementasi kurikulum 2013 yang berlangsung di Senggigi, Lombok Barat (Lobar) Kamis (22/5). Abdullah Alkaf mengatakan, kurikulum 2013 menuntut para guru untuk lebih kreatif dengan memasukkan kontekstual dan kekinian.

“Caranya ngajar itu seperti apa, anak-anak itu harus aktif. Ini dipraktekkan kemudian dikomentari oleh para guru” katanya.

Abdullah Alkaf menerangkan, dalam kurikulum 2013 ada buku siswa dan ada buku guru yang dibuat sepasang. Guru diwajibkan memegang buku pegangan milik siswa. Buku guru berisi cara mengajar buku siswa.

Adapun model buku kurikulum 2013 yaitu, mendahulukan pemahaman Bahasa Indonesia, tiap pembahasan mencakup tiga ranah kompetensi: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Selain itu buku kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific melalui mengamati, menanya, mencoba, mengajak siswa untuk mencari tahu berdasarkan konteks pembahasannya dan lain sebagainya.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply