Sebelum Sidang MK, KPU NTB Siapkan Jawaban Atas Gugatan

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB Yan Marly

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB Yan Marly

Mataram (Global FM Lombok)-KPU NTB akan mengumpulkan jajaran KPU kabupaten kota dalam rangka menyusun jawaban atas materi gugatan hasil pemilu yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Selain komisioner KPU daerah, kuasa hukum KPU juga dilibatkan dalam penyusunan jawaban atas gugatan ini.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB Yan Marly kepada Global FM Lombok di Mataram Senin (19/5) mengatakan, jumlah gugatan pemilu asal NTB sebanyak 15 gugatan yang terdiri dari sembilan parpol dan satu calon anggota DPD. Rata-rata materi gugatan yaitu adanya dugaan selisih perolehan suara antara hasil rekapitulasi KPU dengan rekapitulasi peserta pemilu.

“Adanya kecurigaan bahwa mereka mendapatkan suara yang tidak sesuai dengan data mereka. Adanya selisih perolehan suara antara yang dihasilkan oleh KPU dengan data yang dipegang oleh mereka. Biasanya jawaban kita disusun bersama lawyer yang kita tunjuk untuk menyusun jawaban. Tatapi untuk persidangan lawyer kita tidak ikut kesana” kata Yan Marly.

Yan Marly mengatakan, sampai saat ini KPU NTB belum mendapatkan jadwal sidang di MK. Hanya saja persidangan secara umum di MK akan berlangsung dari tanggal 23 Mei sampai 30 Juni 2014. MK akan menyidangkan 767 perkara yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia. Anggota KPU NTB sebagai termohon memastikan diri untuk hadir dalam setiap sidang di MK.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply