KPU Kota Mataram Masih Mendata Pemilih Pemula untuk Pilpres

pilpresMataram (Global FM Lombok)-KPU Kota Mataram berkerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram untuk memperoleh data pemilih pemula pada pemilu presiden (pilpres) bulan Juli mendatang. KPU kota Mataram sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 293. 217 orang. Jumlah ini bertambah dari jumlah DPT pada saat pemiliham legislative (pileg). Penambahannya sebanyak 5. 119 daftar pemilih.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Mataram Bedi Saparwadi kepada Global FM Lombok Sabtu (17/5) di ruang kerjanya. Ia menyebutkan, Dukcapil tidak memberikan data yang lengkap terkait dengan DPSHP terutama untuk pemilih pemula. Jumlah pemilih pemula yang diberikan Dukcapil kepada KPU sebanyak 3.711 orang. Selain itu data yang diberikan oleh beberapa kelurahan sebanyak 1.408 daftar pemilih baik pemilih pemula atau pemilih tambahan baru. Pasalnya pada pileg bulan April lalu banyak warga yang belum didata.

Bedi menilai masih banyak pemilih pemula yang belum masuk DPSHP. Karena beberapa kelurahan yang belum memberikan data pemilih pemula kepada KPU masih dalam proses pencocokan dan penelitian. Ia mencontohkan kelurahan Cakranegara melakukan pendataan dengan sistem door to door. Dimana sistem ini untuk memastikan bahwa pemilih memang berada di Kota Mataram. “Karena ada beberapa data yang dikirimkan ke kita itu tidak ada disini,” terangnya.

Jumlah DPSHP tersebut bisa bertambah dan juga bisa berkurang karena jumlah tersebut masih bersifat sementara. Selain itu jumlah DPSHP tersebut sudah diumumkan di setiap kelurahan dan lingkungan. Dimana dengan pengumuman yang dilakukan diharapkan ada masukan dari masyarakat terkait dengan biodata pemilih jika terjadi kesalahan. (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply