Periksa SKPD, Inspektorat Gunakan Sistem Online

Mataram (Global FM Lombok)-Inspektorat Kota Mataram akan mengadakan sistem online di masing-masing SKPD untuk mengantisipasi terjadinya kasus korupsi atau penyalahgunaan anggaran di kota Mataram. Program ini akan dijalankan pada tahun 2015 mendatang. Inspektorat Kota Mataram memiliki sekitar 360 objek periksaan (obrik).

Demikian disampaikan Inspektur Kota Mataram H. Lalu Junaidi kepada Global FM Lombok Rabu (14/5) di Mataram, menurutnya pihak inspektorat memiliki kendala terkait pemeriksaan yang dilakukan disetiap SKPD. Sehingga dengan adanya sistem online yang akan digunakan oleh pihak inspektorat akan mempermudah pemeriksaan. Selain itu, sistem ini juga dinilai lebih efektif dan lebih terbuka. Pihak inspektorat akan memberikan pelatihan kepada asksesor atau tim pemeriksa yang ada dimasing-masing SKPD yang mengerti dengan teknologi.

“Jadi nanti kalau kedepan kita sudah bisa meng online semua. Karena nanti di masing-masing SKPD itu akan dididik assessor yang bisa memasukkan data-data tentang segala transaksi atau aktivitas masing-masing SKPD. Jadi kita bisa akses langsung dari kantor. Pemeriksaan itu kita bisa mengefesiensi waktu, kecuali ada hal-hal yang sifatnya mencurigakan baru kita akan lakukan pendalaman,” katanya.

Saat ini inspektorat melakukan pemeriksaan bersifat regular seperti pembinaan. Sehingga jika ada ketentuan yang disalahgunakan akan dilakukan pembenahan agar tidak terjadi korupsi. Data yang harus dimasukkan kedalam situs tersebut yaitu berupa fisik dan keuangan. Ia mengatakan jika sistem online ini tidak dimanfaatkan oleh SKPD terkait seperti memasukkan data, maka Inspektorat Kota Mataram akan terus memeriksa. (azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply