Daya Beli Kurang, Nilai Tukar Petani NTB Menurun

petaniMataram (Global FM Lombok)-Nilai tukar petani di provinsi NTB pada bulan April 2014 menurun jika dibandingkan dengan bulan Maret. Nilai tukar petani di daerah ini dibawah angka 100 yaitu 99,33 poin. Itu artinya kemampuan daya beli petani masih rendah karena terjadi penurunan indeks harga yang diterima petani, sementara di sisi lain terjadi peningkatan indeks harga yang dibayar oleh petani.

Kepala BPS Provinsi NTB Wahyudin dalam kegiatan media ekspose  mengatakan, meskipun pada saat panen raya, nilai tukar petani di NTB masih rendah, karena pada saat panen raya, harga komoditas pertanian menurun. Sementara diluar panen raya, komoditas yang dihasilkan petani cenderung naik. Namun itu tidak menjamin kesejahteraan petani karena harga kebutuhan yang harus dikeluarkan oleh petani juga meningkat.

Ia mengatakan, pada bulan April kemarin terjadi inflasi di daerah pedesaan NTB sebesar 0,29 persen. Inflasi terjadi kerena peningkatan semua kelompok indeks konsumsi rumah tangga seperti keompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,61 persen, perumahan sebesar 0,31 persen dan lain-lainnya. (ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply