Tiga Bulan, Remintasi TKI NTB Capai 324 Miliar

TKI ( ilustrasi)

TKI ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Jumlah remintansi atau kiriman uang TKI asal NTB yang bekerja di luar negeri cukup fluktuatif. Namun kecenderungannya meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah TKI yang bekerja di luar negeri. Dari Januari sampai Maret 2014, jumlah remitansi yang dicacat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) NTB sebanyak Rp 324 miliar lebih.

Kepala BPS Provinsi NTB Wahyudin dalam kegiatan media ekspose Jumat (2/5) mengatakan, data remitansi itu bersumber dari Kantor Pos Mataram dan Bank Indonesia. Jika direincikan, jumlah remitansi TKI pada bulan Januari sebesar Rp 125 miliar, bulan Februari sebesar Rp 110 miliar dan bulan Maret sebesar Rp 106 miliar.

Wahyudin mengatakan, berdasarkan data dari Bank Indonesia, negara Saudi Arabia merupakan negara menyumbang remintansi terbesar dengan angka Rp 46 miliar atau sebesar 58 persen. Selanjutnya remintansi terbanyak kedua berasal dari Malaysia sebanyak Rp 2,6 miliar, Uni Emirat Arab sebesar Rp 2,5 miliar dan sejumlah negara timur tengah serta negara Asia lainnya.

Sementara jika dilihat dari daerah penerima remitansi tersebut, Mataram dan Lombok Barat yang paling banyak menerima remintasi yaitu sebanyak Rp 46 miliar disusul Kabupaten Sumbawa sebesar Rp 23 miliar, Bima Rp 8,6 miliar dan Lombok Tengah Rp 1 miliar. Adapun Lombok Timur dan Dompu remitansi yang diterima kurang dari 1 miliar dalam triwulan pertama tahun ini berdasarkan hitungan Bank Indonesia.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply