Angka Partisipasi Pemilih di NTB Capai 77 Persen

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori

Mataram (Global FM Lombok)-Angka partisipasi pemilih pada pemilu legislative 2014 provinsi NTB mencapai 77,31 persen. Jumlah ini diklaim naik dari angka partisipasi pemilih pada pemilu legislative tahun 2009 lalu yang mencapai 76 persen. Naiknya jumlah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya dipandang positif dalam berdemokrasi.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori kepada Global FM Lombok Sabtu (26/4) mengatakan, KPU NTB bersama jajaran penyelenggara di tingkat bawah secara aktif melakukan sosialisasi pemilu legislative ini. Kampanye anti golput sudah menyasar semua elemen masyarakat  yang dibantu juga oleh relawan demokrasi. Naiknya angka partisipasi ini dipandang sebagai hasil semua pihak dalam rangka mensukseskan pemilu 2014.

“ 77,31 persen partisipasi tanpa DPTb ( daftar pemilih tambahan). Partisipasi itu berdasarkan daftar pemilih tetap, daftar pemilih khusus dan daftar pemilih khusus tambahan. Komparasi 2009 bertambah?, ya lebih tinggi, dimana pemilu 2009 76 persen. Ditarget kami kan lebih dari 75 persen” kata Aksar.

Lalu Aksar Ansori mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) termasuk pemilih tambahan pada pemilu 2014 di NTB sebanyak 3.569.481. Sementara jumlah pengguna hak pilih sebanyak 2.760.081. Dari angka ini bisa dilihat jumlah DPT dan DPT tambahan yang tidak menggunakan hak suaranya sekitar 800 ribu lebih.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply