BPM Kucurkan Dana Rp. 50 Juta Untuk BKM Kelurahan

budgetMataram (Global FM Lombok)- Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) kota Mataram pada tahun ini telah memasuki tahun ketiga dalam program penyaluran dana pembangunan kelurahan kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Penyaluran dana ini dimulai pada tahun 2012 lalu. Dana ini ditujukan untuk perbaikan infrastruktur fisik dimasing-masing kelurahan. Setiap tahun BPM menyalurkan Rp. 50 juta ke setiap BKM.

Demikian disampaikan kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) kota Mataram H. Syaiful Mukmin kepada Global FM Lombok Rabu (23/4) di kantornya. Dana pembangunan kelurahan ini bersumber dari APBD kota Mataram. Selain itu kota Mataram memiliki 50 BKM yang tersebar dimasing-masing kelurahan. Untuk memperlihatkan keterbukaan serta bentuk laporan pertanggungjawaban dari masing-masing BKM, pemerintah meminta proposal yang berisi kegiatan yang sudah dilakukan.

Menurutnya, BKM tidak hanya mengurus dana pembangunan kelurahan saja namun BKM juga mengurus Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), sehingga BKM memiliki 560 pengurus.

“Dana pembangunan kelurahan tapi kelola oleh BKM langsung kita berikan kepada BKM Rp.50 juta per kelurahan bukan diterima oleh pak lurah, langsung kepada kelompoknya ketua BKM,” katanya

Menurut Syaiful, para pengurus BKM mengharapkan dana insentif dari pemerintah kota Mataram, karena selama ini pengurus BKM tidak pernah menerima uang insentif atau tunjungan. Ia mengatakan sampai saat ini belum ada rencana dari BPM untuk memberikan uang insentif kepada mereka karena belum ada anggaran. Namun pihaknya akan menampung semua keinginan dari pengurus BKM dan akan diajukan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dipertimbangkan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply