Camat Dan Lurah Himbau Warga Tidak Bakar Sampah

Bakar sampah ( ilustrasi)

Bakar sampah ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Walikota Mataram H. Ahyar Abduh selalu mengingatkan kepada seluruh lurah dan camat se kota Mataram dalam berbagai kesempatan untuk meminta kepada warganya tidak membakar sampah. Peringatan ini disampaikan karena membakar sampah bisa mengakibatkan nilai Adipura kota Mataram bisa langsung berkurang. Selain itu,  membakar sampah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk mengurangi tindakan warga membakar sampah, kota Mataram sudah memiliki kelompok pengolahan sampah.

Demikian disampaikan Camat Cakranegara M. Salman Rusdi kepada Global FM Lombok di kantornya. Menurutnya, pihak kecamatan dan lurah selalu berkoordinasi untuk mencegah warga membakar sampah. Pihaknya juga menyarankan kepada warga untuk mengolah sampah yang dihasilkan sebagai tambahan ekonomi keluarga.

Dia mengkalim di kecamatan Cakranegara sudah ada beberapa kelompok pengolahan sampah seperti warga Cakra Timur dan Cakra Barat. Hasil pengolahan sampah tersebut dijual kepada kelompok pengolahan sampah yang lebih besar seperti bank sampah dan kelompok Lisan atau kelompok Lingkungan dengan Sampah Nihil.

“Memang setiap saat kita himbau kepada masyarakat bahwa sekarang ini kita tidak boleh membakar sampah. Tapi mari sampah itu buat menjadi suatu komuditas untuk diolah sehingga sampah itu yang kemarin tidak berharga menjadi berharga. Itu yang selalu kita himbau,” katanya.

Salman mengatakan, meskipun himbauan sering diberikan kepada warga,  namun sampai saat ini masih ada warga yang membakar sampah. Camat dan Lurah bekerjasama untuk memberikan peringatan langsung kepada warga yang membakar sampah untuk segera memadamkannya. Berdasarkan pantauannya sudah beberapa kali terlihat warga yang akan membakar sampah namun pihaknya meminta  untuk membuang sampah tersebut di tempat yang sudah disediakan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply